HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CAREER

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.231.167.166
Pengunjung : 315.991


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Berita Kegiatan :



TARAKANITA TEACHER'S CLUB

Kamis; 16 April 2015 [Admin Kanwil Tarki Sby, TARAKANITA SURABAYA] - Berita Umum

 
 

Surabaya, Hari demi hari, tahun demi tahun pertumbuhan penduduk dan  segala aktivitasnya, sangat berpengaruh terhadap peningkatan penggunaan lahan. Sementara ketersediaan lahan kota tidak pernah bertambah. Jadi keberadaan hutan sebagai paru-paru kota semakin dibutuhkan sekaligus merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Untuk memenuhi RTH sebesar 30 persen, Pemerintah Kota Surabaya telah membangun taman-taman dan hutan kota. Sampai saat ini sudah hampir 25 persen RTH di Surabaya terbangun. Dalam media surat kabar Tri Rismaharini, Walikota Surabaya mengatakan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat di Surabaya, masih belum dibarengi dengan kualitas lingkungan yang baik. "Pertumbuhan ekonomi tidak harus merusak lingkungan. Melainkan harus bersahabat dengan lingkungan," katanya. Salah satunya hutan kota Balas Klumprik, Kecamatan Wiyung. Hutan kota ini dibangun di atas lahan seluas 4,3 Hektar

Sabtu (11/04), Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Surabaya yang menyelenggarakan sekolah-sekolah antara lain TK RA. Kartini, TK Santo Carolus, SD Santo Yosef, SD RA Kartini, SD Santo Carolus, SMP Santo Yosef, SMP Santo Carolus dan SMA Santo Carolus mengadakan acara “Penanaman  Pohon dan Penaburan Benih Ikan” di hutan kota Balas Klumprik. Salah satu bentuk kepedulian Yayasan Tarakanita untuk mewujudkan cita-cita pendidikan Tarakanita akan cita-cita intelektualitas dan kepribadian cinta lingkungan hidup. Tema yang diangkat Yayasan Tarakanita secara nasional HCPSN ini adalah “Keanekaragaman Puspa dan Satwa Pesisir dan Laut untuk Ketahanan Pangan dan Pembangunan yang Berkelanjutan”, dengan tagline  “SATU BUMI SATU HATI”.  Puspa dan Satwa yang menjadi simbol HCPSN tahun 2014 adalah,  tumbuhan Taka (Tacca leontopetaloides) dan Penyu sisik (Eretmochelys  imbricata).

Dengan menanam pohon lingkungan di sekitar kita yang hijau, tidak hanya tempat kerja yang kita rawat, tetapi juga di luar tempat kerja terutama di Balas Klumprik ungkap Sr. Petra CB, Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Surabaya. HCPSN yang digelar Yayasan Tarakanita secara Nasional merupakan sebuah gerakan secara bersama-sama untuk peduli terhadap bumi ini dan bukan hanya sebatas kata semata namun ada gerakan/aksi nyata yang benar-benar dihidupi dan diwujudkan untuk kelangsungan hidup manusia selanjutnya untuk lebih sehat, lebih rindang, lebih banyak oksigen, dan tanggung jawab manusia ciptaan Allah untuk menjaga kelestarian alam dan keutuhan ciptaan.

Geguritan bahasa jawa yang diperankan siswa SMP Santo Yosef sebagai pengantar akan kesadaran kita pentingnya menjaga pohon dan kelestarian lingkungan untuk hidup kita. Serta kemunculan teatrikal siswa SMA Santo Carolus lebih menambah pukulan berat kepada kita untuk lebih sadar betapa pentingnya keberadaan pohon sebagai sumber energi dan kesehatan bagi manusia. Dua simbolisasai visual itulah yang mengingatkan kita akan menjaga, merawat, menanam pohon untuk kehidupan anak cucu kita kelak.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Ibu Eko Prasetyoningsih, menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan sangat mendukung serangkaian kegiatan yang diadakan Yayasan Tarakanita Surabaya berupa kegiatan mencintai lingkungan dengan penanaman pohon dan penampilan kreativitas yang luar biasa oleh siswa dan siswi dari TK hingga SMA di Yayasan Tarakanita, tidak banyak sekolah yang bisa mengapresiasikan kegiatan ini terutama tetap membudayakan/ nguri-nguri budaya dan bahasa jawa. Kegiatan untuk menjaga lingkungan kita, siapa lagi yang akan menjaga kalau tidak kita semuanya, karena kita sudah mendapat kritikan dari negara lain tentang keadaan nyata hutan di negara kita, pesan Kadispendik Bpk Ikhsan melalui Ibu Eko Prasetyoningsih dalam sambutannya.

Kegiatan penanaman pohon dan penebaran benih ikan secara resmi dibuka dengan pemukulan kentongan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Ibu Eko Prasetyoningsih mewakili Kadispendik Surabaya, Camat Wiyung Bpk. Kusnan, dan Lurah Balas Klumprik Ibu Sri Pujiati didampingi Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Sr. Petra CB beserta Ketua Panitia HCPSN Bpk Thomas Jaka Suryanta. Kegiatan tersebut dihadiri pula seluruh karyawan Yayasan Tarakanita Surabaya, perwakilan siswa-siswi jenjang TK sampai jenjang SMA, perwakilan orang tua siswa, dan para donatur yang ikut andil dalam kegiatan tersebut.

HCPSN tahun ini tidak hanya penanaman pohon dan penebaran benih ikan saja, tetapi  juga lomba-lomba yang ikut mendukung dalam kegiatan tersebut seperti lomba menggambar, lomba karya tulis, dan lomba fotografi. Saat ini masih ada lomba yang berlangsung sampai bulan juli yaitu lomba standar area kerja dan lomba pembiasaan KPKC (Keadilan, Perdamaian, Keutuhan, Ciptaan) ungkap Ketua Panitia Thomas Jaka Suryanta dalam sambutannya. Teriknya matahari yang semakin meninggi tidak menyurutkan semangat para karyawan dan siswa-siswi untuk terus melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan penyebaran benih yang sudah disiapkan panitia.

Simbolisasi penanam pohon pertama dan penyebaran benih ikan dilakukan oleh Ibu Eko Prasetyoningsih, Bpk Kusnan, Ibu Sri Pujiastuti dan Sr Petra CB beserta jajarannya. Tiga jam berlangsungnya kegiatan tersebut tidak ada kata lelah sedikit pun yang muncul dalam benak mereka, senang dan gembira selalu mereka ucapkan saat perjalanan pulang ke rumah masing-masing. Satu kalimat yang ingin selalu diingat dalam kegiatan HCPSN ini adalah lingkungan hidup bukan warisan tetapi pinjaman dari anak cucu kita sehingga wajib dikembalikan utuh atau lebih baik. Jayalah menuju Tarakanita Baru..(rnst)
 
 






Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :