HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CAREER

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.228.11.9
Pengunjung : 309.000


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Kehadiran Tarakanita di Surabaya bermula dari dijadikannya Surabaya sebagai tempat transit bagi para Suster CB yang melakukan perjalanan ke NTT atau sebaliknya.

Dengan kenyataan seperti itu, mulai dipikirkan lebih baik kalau Kongregasi CB memiliki rumah atau komunitas sendiri di Surabaya. Maka mulai tahun 1970 dicari rumah yang dapat dipakai sebagai rumah biara yang tujuan utamanya adalah agar para suster yang mau ke Indonesia timur dan transit di Surabaya dapat berkumpul bersama saudara-saudaranya se-Kongregasi. Hingga didapatlah rumah di Jalan Bendul Merisi No. 11, yang selanjutnya menandai terbentuknya komunitas di Surabaya dengan para anggota antara lain Sr. Rufina CB.,  Sr. Angela CB., Sr. Bernadet CB., Sr. Marcella CB, dll.

Disadari, bahwa tidak mungkin para suster yang tinggal menetap di Surabaya tanpa karya.  Maret, 1973 suster-suster CB datang ke Surabaya di Jalan Bendul Merisi 11 antara lain: Sr. Bernadet CB. Sr. Marcella CB dan Sr. Yustine CB. Para suster memulai karya di Surabaya dengan membuka poliklinik di jalan Margorejo dan ikut mengelola TK-SD R.A. Kartini di Jagir Sidomukti Gg. Lebar 21 Surabaya. Namun status sekolah ini tetap di bawah Paroki Santo Yohanes Pemandi Wonokromo Surabaya.

Sejak tahun 1974, setelah dikelola oleh suster-suster CB dibawah bendera Yayasan Yohanes Gabriel maka pada tanggal 1 Juli 1981 No: 0/8104/YG/IV/1981 ada penyerahan pemilik sekolah dari YGWS kepada Yayasan Suster-suster Carolus Borromeus Surabaya. R. YH. Puwoputranto Pr atas nama YGWS kepada Sr. Bernardia CB atas nama Yayasan Suster-suster Carolus Borromeus. Sebelum serah terima ini sendiri berlangsung, tanggal 31 Januari 1981.

Pada tahun 1985 Yayasan Mardiwidjana menghibahkan pengelolaan sepenuhnya sekolah Santo Yosef kepada suster-suster CB dalam wadah Yayasan Pendidikan Karolus Borromeus (YPKB). Mulai saat itu sekolah Santo Yosef berada di bawah naungan YPKB Cabang Surabaya.

Pada tahun 1981 Kongregasi CB sudah mendirikan Yayasan di Surabaya dengan nama Yayasan Suster-suster Carolus Borromeus yang berpusat di Yogyakarta atas nama Sr. Bernardia CB, namun ini sifatnya sementara, karena pada saat itu sangat mendesak sifatnya yaitu sebagai syarat hibah TK-SD R.A. Kartini.

Tahun 1981 secara administratif Yayasan Suster-suter Carolus Borromeus sudah berdiri, meskipun belum berjalan seperti sekarang ini. Sebagai pelaksana harian adalah Sr. Ernesta CB merangkap sebagai Kepala Sekolah SMP Santo Yosef. Baru pada 26 Desember 1984. Yayasan Pendidikan Karolus Borromeus Cabang Surabaya berdiri secara resmi dengan pengurus: Sr. Ernesta Sumartini CB (Ketua). Sr. Rufina Marmini CB (Sekretaris). Sr. Milburga Larasati CB (Bendahara). Sejak saat ini semua sekolah dan seluruh harta miliknya termasuk karyawan menjadi milik Yayasan Pendidikan Karolus Borromeus Cabang Surabaya, yang secara hierarkhis menjadi cabang dari Yayasan Pendidikan Karolus Borromeus Pusat.

Dalam kurun waktu tahun 1981sampai dengan 1984 inilah atas permohonan masyarakat paroki Gembala Yang Baik, di kompleks Jemur Andayani didirikan TK Santo Carolus (Juni1982) dengan Kepala TKnya adalah Sr. Edelburga CB dan SD Santo Carolus (Juli 1983) dengan Kepala Sekolah Sr. Aloysia menempati lahan yang telah disediakan oleh Tarekat CB. Lalu berturut-turut  mendirikan SMP Santo Carolus 1988 dengan Kepala Sekolah Sr. Rosalin CB dan SMA Santo Carolus 1992 dengan Kepala Sekolah Sr. Vincenza CB. Berbeda dengan lingkungan kompleks Santo Yosef maupun TK-SD R.A. Kartini, masyarakat Jemur Andayani relatif mapan dari sisi sosial ekonomi. Pada bulan Agustus 2002 Yayasan Pendidikan Karolus Borromues bergabung dengan Yayasan Tarakanita, dan secara resmi berganti menjadi Kantor Wilayah Surabaya Yayasan Tarakanita. (admin-sby)